January 23, 2015

PERJALANAN WISATA KE GOA CERME YOGYAKARTA




            Goa cerme adalah gua peninggalan sejarah yang terletak di dusun Srunggo, Desa Selopamioro. Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km Selatan Yogyakarta. Goa Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung Kidul.

Disamping goa Cerme, disekitarnya terdapat goa lain yang lebih kecil seperti Goa Dalang, Goa Ledek, Goa Badut dan Goa Kaum yang sering digunakan untuk bersemedi. Untuk mencapai goa, terdapat tangga setinggi 759 m. Kata Cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. 

Goa Cerme dulunya digunakan oleh para walisongo untuk menyebarkan agama islam di Jawa. Selain itu, Goa cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Mesjid Agung Demak. Setiap senin atau selasa wage selalu di adakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.
Goa ini termasuk Goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama wisatawan dari dari goa cerme adalah keindahan Stalagtit dan Stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar didalam gua.

 Lantai gua digenangi oleh air tanah dengan rata-rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan seperti panggung pertemuan, air zam-zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.


Tansportasi ke goa cerme : Dari Terminal Giwangan, kita bisa menumpang bus jurusan Imogiri. Ketika sampai di dusun Srunggo, desa selopamioro, kita bisa turun untuk menuju Goa Cerme.   
Lokasi             : Dusun Srunggo, desa selopamioro, kec. Imogiri, Bantul
Jam buka         : pukul 07.00 – 17.00
Tarif masuk    : umum/dewasa          : Rp 2000,-
                          Anak-anak                : Rp 2000,-
                          Jasa Guide                : Rp 5000,-
Fasilitas          : Toilet, Pusat Informasi, warung makan, dan tempat    pertemuan

No comments:

Post a Comment